Selamat membaca artikel yaa friend semoga bermanfaat jangan lupa difollow ya

Kamis, 01 Desember 2011

TroubleShooting Laptop


Laptop mati atau tidak mau hidup
Sering kita dibuat panik apabila laptop tidak mau hidup, sudah di tekan tombol power
beberapa kali tetap saja tidak ada tanda tanda kehidupan, bahkan lampu powerpun
tidak nyala, Bagaimana mengatasinya :
* Periksa Adaptor
Sebelum anda memeriksa adaptor sebaiknya cek dulu switch atau tombol
on/offnya, ada beberapa merk laptop yang menggunakan kabel untuk jalur ke
switch on/offnya, periksa kabel kalau positif baik, langkah berikutnya adalah
Memeriksa bagian Adaptor.
Adaptor dan Baterai adalah dua komponen penting dalam laptop karena
keduanya berfungsi untuk menyuplai daya agar laptop bisa hidup.
Untuk mencoba apakah Adaptor baik atau tidak kita bisa mengetahui dengan cara:
- Colokkan adaptor ke laptop amati apakah ada perubahan pada lampu indicator
laptop anda, kalau berwarna kuning berarti adaptor bagus.
- Periksa tegangan/voltasi pada adaptor, biasanya tergantung dari merk dan type
laptop masing-masing, mulai dari 16v, 18v, 19v, 20v. gunakan Multitester untuk
mengukurnya.
Kalau adaptor baik langkah berikutnya adalah memeriksa kondisi baterai
* Periksa Baterai
Pastikan baterai laptop anda tidak kosong (habis) untuk memastikannya silahkan
pasang/colokkan adaptornya kalau lampu indicator menyala kuning berarti batterai
anda habis, silahkan dicharger dulu sampai penuh, kemudian hidupkan kembali
laptop anda. Kalau masih tidak mau hidup, lepaskan baterai kemudian pasang
adaptor dan hidupkan laptop tanpa baterai hanya menggunakan adaptor, kalau
Laptop anda hidup berarti baterai laptop anda bermasalah (rusak). Bersihkan pin
pada baterai, coba pasang lagi, kalau masih tidak mau ganti batterai.
* Periksa DC board dan Mainboard.
Kalau setelah di coba dengan batterai yang bagus tapi masih tetap tidak mau
hidup, berarti ada masalah pada bagian DC Board, dan kemungkinan terparah
adalah Mainboard, untuk mengatasi hal ini sebaiknya anda berkonsultasi dulu
dengan teknisi Service Center yang berpengalaman sebelum anda memutuskan
untuk menggantinya sendiri.
2. Layar LCD tidak muncul gambar (tidak ada tampilan)
Pada saat Laptop dihidupkan lampu indicator power nyala, tetapi pada layar LCD tidak
ada respon / tampilan sama sekali, hal ini disebabkan oleh banyak kemungkinan.
- Coba amati apakah lampu indicator hdd nyala berkedip-kedip (Apakah seperti
pada saat laptop normal?) kalau ya! Berarti masalah pada bagian LCD modul
(Inverter, LCD panel, kabel flexible LCD/FPC Cable, Lampu back light/neon)
- Kalau lampu indicator hdd dan lainnya tidak nyala berarti masalah ada pada
bagian Main Unit (Memory, Processor, bagian VGA, dan Mainboard).




Cara Mengganti Hard Drive Laptop

Posted Oct.27, 2010 under Perbaikan Komputer
mengganti hard driveDalam tutorial ini saya akan memberikan cara mengganti hard drive laptop. Persoalan berat sering terjadi bahwa hard drive laptop rusak, sudah beli tapi pasangnya gimana? Beberapa orang hanya ingin meng-upgrade hard drive mereka ke yang lebih besar. Apapun alasannya, satu yang pasti adalah Anda harus membuka laptop Anda. Membuka casing laptop tidak semudah membuka casing Desktop. Selain harus lebih hati-hati juga lumayan rumit. Dibawah ini saya akan berikan tutorial mengganti hard drive pada laptop, yang saya harapkan bisa membantu Anda.
  1. Taruh sepotong busa atau handuk di atas meja dan kemudian letakkan laptop Anda diatasnya secara terbalik. Pelapis ini bertujuan supaya laptop Anda tidak tergores.
  2. Sekarang cari kompartemen hard drive pada laptop Anda. Penutup hard drive biasanya terletak di bagian bawah laptop atau di samping. Beberapa laptop memiliki simbol hard drive pada penutup untuk membantu mengidentifikasi tempat yang tepat.
  3. Setelah Anda menemukan lokasi hard drive laptop, ambil obeng dan buka penutup hard drive. Setelah membuka sekrup kemudian angkat tutupnya.
  4. Sekarang Anda akan dapat melihat hard drive. Tergantung pada produsen laptop Anda, silakan angkat drive keluar dengan hati-hati.
  5. Setelah mengambil hard drive keluar Anda akan tahu bahwa kebanyakan drive laptop memiliki tempat atau casing tersendiri sehingga Anda masih harus membukanya dari casingnya.
  6. Sekarang ambil hard drive baru dan masukkan kedalam casing yang sudah kosong. Hati-hati dalam mengencangkan sekrupnya.
  7. Masukkan disk drive ke dalam laptop dan geser ke dalam konektor.
  8. Sekarang pasang cover dan pasang juga sekrup penutupnya. Selesai.
Tips:
  • Jangan meletakkan hard drive anda di dekat magnet karena dapat merusak drive laptop
  • Beberapa sekrup laptop memiliki desain yang unik jadi pastikan Anda memiliki obeng sekrup yang tepat sebelum memulai instalasi.
  • Jangan menekan drive laptop terlalu keras karena dapat merusak hard drive. Jika anda harus meletakkan tekanan,lakukannya dengan memegang sisi drive.

Cara Mengambil File Dari Laptop Yang Rusak

Posted Sep.25, 2011 under Notebook, Perbaikan Komputer
laptop rusakBagaimana cara mengambil file dari laptop rusak? Dalam panduan ini saya menjelaskan bagaimana mengambil file dari laptop rusak. Saya andaikan hard drive laptop masih dalam keadaan baik. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan panduan ini jika yang rusak pada laptop anda adalah layar, kerusakan motherboard, colokan listrik rusak dll. Yang jelas intinya hard drive masih baik. Tapi panduan ini tidak cocok jika hard drive itu sendiri rusak.
Dalam contoh ini kita akan mengambil data menggunakan casing USB eksternal yang dipasang pada hard drive laptop, dan sistem operasi yang saya gunakan adalah Windows 7.
LANGKAH #1.
Pertama-tama, buka hard drive dari laptop rusak. Jika anda masih bingung caranya, silahkan investasi membeli ebook Step By Step Teknisi Laptop yang saya siapkan untuk anda. Jika hard drive memiliki mount bracket atau caddy (semacam cover), Anda harus memisahkannya dari hard drive.
hard drive laptop
Kebanyakan laptop menggunakan hard drive 2.5″. Baik hard drive IDE atau SATA, Anda akan melihat perbedaan dalam gambar berikut. Untuk hard drive LAPTOP 2,5″ IDE memiliki dua baris pin. Lihat contoh pada gambar di bawah ini;
IDE hard drive
Sedangkan untuk SATA hard drive hanya mempunya dua flat connectors. Satu konektor untuk data dan satu untuk power. Patut dicatat bahwa untuk hard drive SATA pada laptop sama dengan konektor hard drive SATA pada PC Desktop. Ini berarti Anda dapat menghubungkan hard drive laptop secara langsung ke PC desktop dengan menggunakan kabel yang sama.
LANGKAH #2.
Silahkan beli external USB enclosure 2.5″ laptop hard drive. Harganya sekitar Rp.200.000,-. Ini semacam casing konektor untuk konverter sambungan dari IDE ke sambungan USB. Jika Anda memiliki hard drive IDE, Anda harus membeli konverter tersebut. Jika Anda memiliki hard drive SATA, Anda akan harus membeli khusus untuk hard drive SATA. Atau pilihan lain untuk hard drive SATA silahkan sambung langsung ke PC desktop menggunakan kabel SATA PC anda.
IDE hard drive external 2.5″ IDE HDD enclosure.
IDE hard drive external 2.5″ IDE HDD enclosure.
Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa akan lebih mujur sedikit jika hard drive laptop anda adalah SATA.
LANGKAH #3.
Pasang hard drive IDE atau SATA ke dalam casing konektor yang baru saja anda beli.
LANGKAH #4.
Sambungkan casing external USB hard drive dengan menggunakan kabel USB ke komputer atau laptop lain yang masih bekerja baik. Jika tidak ada masalah dengan hard drive, maka hard drive seharusnya terdeteksi oleh komputer secara otomatis dan akan akan muncul di My Computer. Anda dapat mengakses hard drive eksternal dan mentransfer semua file yang dibutuhkan. Windows XP, Vista dan Windows 7 menyimpan user file di lokasi yang berbeda. Silahkan jelajahi hard drive untuk mencari semua data anda.
usb Hard drive
Sampai disini saya anggap masalah selesai untuk sementara.

Mengganti, Mengupgrade Memory Laptop

Posted Jul.28, 2010 under Perawatan Komputer
Bagaimana cara mengganti memory laptop? Bagaimana cara upgrade memory laptop?Itulah dua inti masalah yang sering muncul. Tidak mudah untuk mengerjakan hal ini, mengingat bahwa casing laptop lumayan ramping dan isinya sangat padat. Jadi dengan demikian prosesnya sedikit rumit dan harus dikerjakan dengan hati-hati. Pada artikel ini kita akan membahas kedua hal itu sekaligus yaitu cara mengganti dan mengupgrade memory laptop.
CATATAN :
  1. Sebelum membeli memory, pastikan Anda tahu persis memory yang akan Anda beli. Artinya specification yang bagaimana yang didukung oleh Motherboard laptop Anda.
  2. Oleh karena itu bacalah terlebih dahulu petunjuk tentang memory laptop yang ada pada manual book laptop Anda.
  3. Pada umumnya laptop menggunakan modul memory SODIMM.
  4. Jika Anda ragu menentukan memory yang akan dibeli, catatlah merk dan nomor seri laptop Anda dan perlihatkan kepada penjual laptop. Mereka akan memberi tahu model upgrade memory laptop Anda.
Kita andaikan Anda telah membeli sebuah memory yang lebih besar sehingga dengan mengganti memory lama Anda sekalian mengupgrade memory yang lebih besar. Dalam contoh ini saya menggunakan salat satu tipe laptop Toshiba yaitu Satellite 1625CDT. Inilah langkah-langkahnya cara memasang memory laptop ;
  1. Bukalah bateray laptop agar aman dari adanya listrik ketika Anda bekerja. Perhatikan dengan baik prosedur membuka bateray laptop karena ada beberapa yang melindungi bateray dengan dua pengunci. Letak dari bateray juga bisa berbeda pada tiap laptop. Pada umumnya berada dibelakang.membuka bateray laptop
  2. Buka sekrup cover penutup memory pada bagian bawah casing laptop. Lokasi memory setiap laptop sangat bergantung pada tipe laptop tersebut, demikian pula covernya. Jika Anda tidak yakin, lihat kembali buku manualnya, atau bertanyalah kepada orang lain yang punya pengalaman. Lihat gambar dibawah;membuka cover memory
  3. Modul memory dalam tiap laptop ada yang ganda dan ada yang tunggal. Jika modulnya ganda maka itu berarti bisa memasang memory 2 buah sekaligus. Dalam contoh ini laptop hanya menggunakan satu modul memory. Siapkan memory pengganti yang nanti akan dipasang. Buka pembungkus memory dengan hati-hati. cara memasang memory
  4. Buka memory lama dan pasang memory baru dengan hati-hati. Ingat! Jangan memegang bagian memory ataupun Motherboard yang bersifat penghantar listrik misalnya kaki komponen. Hal itu dapat merusak komponen karena tangan menusia juga mengandung listrik. Itu bisa membahayakan komponen  bersangkutan.cara memasang memory laptop
  5. Gambar dibawah ini menunjukkan memory yang sudah dipasang pada socketnya namun belum dikunci. Perhatikan bahwa ujung dari modul memory ada sebuah cap kacil yang biasanya untuk mengunci memory.memasang modul memory
  6. Tekan memory dengan hati-hati hingga terkunci pada tempatnya. Lihat caranya; mengunci modul memory
  7. Setelah Anda yakin semua sudah terpasang dengan benar, tutup kembali dengan cover penutup memory lalu kuatkan dengan sekrupnya. Pasang kembali bateray laptop seperti semula.
  8. Untuk melihat apakah kerja Anda berhasil silakan start komputer Anda dan setelah windows terbuka, klik kanan pada ikon [Computer] lalu pilih [Properties]. Besarnya memory akan terlihat disini.
Selamat bekerja, semoga Anda berhasil.

Mengatasi Laptop Boot Up Normal Yang Kemudian Laptop Hang

Posted Sep.23, 2011 under Komputer, Notebook
laptop hang1Awalnya Laptop Boot Up Normal, Kemudian Laptop hang, itulah keluhan yang sering dialami laptop HP dan juga merek laptop lainnya. Setiap kali laptop dinyalakan, tampaknya disaat awal bisa boot normal. Semua ikon muncul di layar. Kemudian ketika mencoba untuk mengklik pada ikon apapun, ternyata laptop tidak menanggapi. User tidak dapat mengakses menu start dengan baik. Semuanya freezee. Laptop harus dimatikan sekitar 6-8 kali sebelum benar-benar boot up dan dapat bekerja normal.

Walaupun di atas saya menyebutkan salah satu merek, tetapi pedoman ini bisa jadi pertimbangan jika laptop anda yang merek lain mengalami hal yang sama. Inilah rekomendasi saya;
  1. Ada beberapa masalah yang mungkin berbeda yang menyebabkan hal ini terjadi. Pertama-tama, ini mungkin menjadi masalah perangkat lunak terkait yaitu sistem operasi. Silahkan masuk ke Safe Mode dan perhatikan apakah laptop juga mengalami hal sama dalam Safe Mode. Nyalakan laptop dan tekan F8 segera sebagai logo muncul di layar, pilih Safe Mode dari menu yang ada. Jika laptop hang dalam mode normal tetapi bekerja dengan baik di Safe Mode, maka kemungkinan besar kerusakan adalah masalah perangkat lunak sistem operasi.
  2. Jika berbicara mengenai kerusakan sistem operasi, maka dalam kasus ini nampaknya yang harus dilakukan adalah repair windows. Tidak mudah untuk memperbaiki sistem operasi dalam kasus ini arena tidak ada pesan apa-apa. Saran pertama adalah jika laptop masih bisa jalan dari safe mode, amankan data anda untuk sekedar jaga-jaga jika harus install ulang.
  3. Ada kemungkinan lain adalah bahwa beberapa driver barus saja anda update, atau anda baru saja menginstall salah satu software aplikasi. Jika itu yang anda lakukan dan terjadi hang, anda sudah pasti tahu penyebabnya dan jalan keluarnya adalah mengembalikan sistem ke posisi semula.
  4. Jika laptop juga hang bahkan di dalam Safe Mode, maka ini buka saja masalah software, tetapi saya merekomendasikan untuk menjalankan tes diagnostik pada hard drive dan memori. Anda dapat menguji hard drive dengan uji SEAtools dan uji memori dengan Memtest86+. Jika hard drive gagal dalam tes, berarti masalah laptop hang di atas disebabkan oleh hard drive yang sekarat, maka mengganti hard drive dan menginstal ulang sistem operasi adalah jalan keluar.
  5. Jika memori gagal lulus tes, maka anda harus mengganti modul memori.
    pilihan lain, cobalah melepas kartu nirkabel dan modem satu demi satu dan tes laptop tanpa card tadi. Sebuah kartu nirkabel yang rusak dapat membekukan seluruh sistem laptop.
Cara Reset Password BIOS melalui Hardware
Jika pengguna tidak dapat mengakses laptop setelah telah dinyalakan, berarti penggunaan laptop harus melewati password BIOS. Password BIOS disimpan dalam memori CMOS yang sumber dayanya dipertahankan dengan baterai kecil saat PC dimatikan, yang melekat pada tempat tertentu atau melekat pada motherboard. Jika user membuka baterai ini, semua informasi CMOS (termasuk password BIOS) akan hilang. Pengguna harus memasukkan kembali informasi CMOS setup yang benar untuk menggunakan laptop.
Ada kalanya pada laptop tertentu baterai disolder ke motherboard, sehingga sulit untuk dilepas. Jika hal ini terjadi, biasanya ada alternatif lain yaitu pada suatu tempat pada motherboard terdapat jumper yang akan menghapus password BIOS. Jika anda memiliki dokumentasi motherboard laptop anda, maka dengan mudah bias mengetahui letak jumper ini. Jika tidak, jumper dapat diberi label pada motherboard. Jumper ini biasanya berdiri sendiri di dekat baterai kecil. Jika pengguna tidak dapat menemukan jumper, masih mungkin untuk mencari di titik-titik di mana baterai terhubung ke motherboard.
 reset password bios
Jika anda perhatikan gambar di atas, ternyata jumper cmos ada 3 kaki. Dalam gambar diatas jika jumper ditempatkan pada posisi 1, maka itu adalah keadaan normal. Jika jumper dibuka dan ditempatkan pada CLRTC, maka itu akan menghapus semua data pada setting BIOS
Cara Reset Password BIOS melalui Software
Jika dua cara reset password diatas, apa jalan terakhir? Kita akan menggunakan software reset password BIOS. Kebanyakan user laptop lebih suka cara terakhir ini. Setiap Laptop menyimpan informasi password BIOS di suatu tempat. Jika user dapat mengakses laptop setelah telah boot dengan sukses, maka user mungkin dapat melihat password BIOS. Tetapi user harus mengetahui alamat memori dimana password BIOS disimpan dan format di mana password BIOS disimpan atau memiliki program untuk mengetahui hal-hal ini.
  1. !BIOS . !BIOS adalah sebuah software yang dapat dijalankan pada jendela DOS untuk menghapus password BIOS. Ini biasanya digunakan pada BIOS:  IBM, American Megatrends Inc., Award, dan Phoenix. Sayangnya pengguna laptop banyak yang takut dengan layar hitam. Silahkan download software ini, gratis adanya.
  2. KeyDisk sering digunakan untuk reset password laptop Toshiba. Silahkan kunjungi alamatnya dan baca tutorialnya.
  3. CmosPwd dapat merecover beberapa password BIOS seperti:
·         ACER/IBM BIOS
·         AMI BIOS
·         AMI WinBIOS 2.5
·         Award 4.5x/4.6x/6.0
·         Compaq (1992)
·         Compaq (New version)
·         IBM (PS/2, Activa, Thinkpad)
·         Packard Bell
·         Phoenix 1.00.09.AC0 (1994), a486 1.03, 1.04, 1.10 A03, 4.05 rev 1.02.943, 4.06 rev 1.13.1107
·         Phoenix 4 release 6 (User)
·         Gateway Solo – Phoenix 4.0 release 6
·         Toshiba
·         Zenith AMI










Mengatasi Pesan NTLDR is Missing

Posted Jun.21, 2010 under Perbaikan Komputer
ntldr is missingCara memahami dan Mengatasi Pesan NTLDR is Missing agak gampang-gampang susah. Untuk kelas menengah keatas ini mudah tetapi terutama kelas pemula tentang perbaikan komputer, masalahnya mungkin tidak semudah itu. Sebenarnya masalah ini sudah pernah saya singgung pada beberapa artikel terdahulu namun hanya sepintas. Pembahasan kali ini jauh lebih lengkap mulai dari penyebab sampai cara mengatasinya secara lebih mendetail.
Ada beberapa cara dimana pesan “NTLDR is missing” menampakkan diri, misalnya seperti dibawah ini;
  1. “NTLDR is missing Press any key to restart”
  2. “NTLDR is missing Press Ctrl Alt Del to restart”
  3. “Boot: Couldn’t find NTLDR Please insert another disk”
Pesan “NTLDR missing ” biasanya langsung tampil setelah komputer baru saja dihidupkan, yaitu segera setelah Power On Self Test (POST) selesai. Kasus seperti ini sampai sekarang hanya terjadi pada Windows XP atau versi sebelumnya. Ada beberapa kemungkinan penyebab NTLDR errors, termasuk pesan kesalahan yang paling umum “NTLDR is missing”.
Penyebab Kesalahan NTLDR
  1. Alasan paling umum untuk kesalahan ini adalah ketika PC Anda sedang mencoba untuk boot dari hard drive atau flash drive yang tidak dikonfigurasi untuk boot, dalam kata lain mencoba untuk boot dari sumber non-bootable. Hal ini juga akan berlaku untuk media optical drive atau floppy drive yang Anda coba sebagai sumber boot.
  2. Kemungkinan penyebab lainnya termasuk file korup, kesalahan konfigurasi file, masalah hard drive, upgrade sistem operasi, sektor hard drive korup, BIOS sudah outdate, dan kerusakan atau kabel IDE longgar.
Perbaikan untuk NTLDR missing;
  1. Coba restart PC, NTLDR missing bisa saja terjadi kebetulan.
  2. Periksa drive optik (CD / DVD), dan lepaskan kabelnya untuk sementara. Lepaskan juga semua drive eksternal lalu restart lagi komputer. Sering kali, “NTLDR is Missing” muncul jika PC Anda sedang mencoba boot dari non-bootable, CD / DVD, atau hard drive eksternal atau flash drive. Catatan: Jika Anda menemukan bahwa salah satu dari drive diatas adalah penyebab masalah Anda dan itu sering terjadi, sebaiknya urutan boot pada BIOS langsung dari hard disk drive yang pertama.
  3. Periksa hard disk drive dan pengaturan drive lain dalam BIOS dan memastikan mereka sudah benar. Konfigurasi BIOS memberitahu komputer pengaturan drive yang tidak benar sehingga dapat menyebabkan masalah, termasuk kesalahan NTLDR. Catatan: Biasanya ada Auto setting untuk konfigurasi hard disk drive dan optical drive di BIOS yang biasanya merupakan pilihan aman jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan.
  4. Mengembalikan file NTLDR dan ntdetect.com dari CD Windows XP. Mengembalikan dua file sistem yang penting dari CD Windows XP asli dapat juga menyelesaikan masalah.
  5. Memperbaiki atau mengganti file boot.ini. Cara ini akan mencegah kesalahan NTLDR jika penyebabnya adalah file boot.ini yang tidak dikonfigurasi dengan benar untuk instalasi Windows XP.
  6. Buat partisi boot sektor baru dalam sistem partisi Windows XP. Jika partisi boot sektor telah rusak atau tidak dikonfigurasi dengan benar, Anda dapat akan menerima pesan “NTLDR is Missing”.
  7. Perbaiki master boot record Windows XP. Pesan error NTLDR juga dapat muncul jika master boot record rusak.
  8. Buka dan pasang kembali semua kabel data internal dan kabel power hard disk drive. Pesan error NTLDR bisa disebabkan oleh longgar atau rusaknya kabel IDE. Cobalah mengganti kabel-kabel IDE jika Anda menduga mungkin rusak.
  9. Update BIOS Motherboard Anda. Kadang-kadang, versi BIOS kedaluwarsa dapat menyebabkan “NTLDR is Missing” error.
  10. Lakukan repair instalasi Windows XP. Jenis instalasi ini bertujuan mengganti setiap file yang hilang atau rusak.
  11. Jika sampai pada langkah 10 diatas masalah tidak juga selesai, lekukan instal ulang total Windows XP. Jenis instalasi ini akan menghapus Windows XP dari PC Anda dan menginstal lagi dari awal.
  12. Ganti hard disk drive dan kemudian melakukan instalasi baru Windows XP. Jika semua langkah diatas gagal, termasuk instalasi total dari langkah terakhir, Anda kemungkinan besar menghadapi masalah kerusakan hardware yaitu hard disk drive Anda.
Catatan; Kesalahan NTLDR ini hanya berlaku untuk sistem operasi Windows XP, termasuk Windows XP Professional dan Windows XP Home Edition. Windows 7 dan Windows Vista tidak menggunakan NTLDR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar